Kapal Pengangkut Bahan Bakar Minyak BBM Meledak

Biak – Sebuah kapal kayu KLM. Bawakaraeng pengankut bahan bakar minyak (BBM) dilaporkan meledak pukul 17.40 WIT di pelabuhan umum Biak - Papua. Perahu bermuatan bermuatan BBM tersebut biasanya beroperasi dari Biak ke Mamberamo tersebut sedang bersandar di dermaga pelabuhan umum Biak. Laporan ini diterima petugas siaga Basarnas Biak sekitar pukul 17.55 WIT dari Bapak. Yohanes Walerubun Kepala Stasiun Radio Pantai (SROP) Biak. 

Setelah menerima laporan tersebut Kepala Seksi Operasi SAR langsung memerintah tim rescue untuk muju lokasi kejadian. Tim rescue yang sebelumnya baru menyelesaikan operasi sar dank an kembali ke kantor dialihkan menuju ke lokasi ledakan kapal kayu tersebut. Sesampainya di dermaga peabuhan umum biak tim rescue dari RIB berkoordinasi dengan SROP, KP3 Laut dan Pemilik Kapal. 

Satu tim rescue juga berkoordinasi dengan pihak RSUD Biak yang menangani korban. Diketahui sebanyak 8(delapan) orang menjadi Korban dalam ledakan kapal kayu tersebut, 1 (satu) pemancing yang berada di dekat lokasi ledakan kapal mengalami luka akibat pecahan serpihan kapal, 2(dua) orang ABK mengalami luka bakar serius, 2 orang abk mengalami luka bakar ringan 1 (satu) orang ABK mengalami luka robek cukup parah di kepala akibat pecahan kapal, Kapten Kapal mengalami luka cukup parah di sekujur tubuhnya akibat pecahan serpihan kapal, 1 ABK lainnya cukup beruntung hanya mengalami lecet di tubuhnya. Setelah melakukan koordinasi dan dipastikan sudah tidak ada korban yang dicari Tim rescue ditarik mundur. Hingga berita ini diturunkan penyelidikan terhadap meledaknya kapal masih dilakukan. (aw)


Adapun data nama korban sebagai berikut:

1. Hendra 29 Tahun (ABK)
2. Anwar Anas 24 Tahun (ABK)
3. Andri Anas 20 Tahun (ABK)
4. Saiful Rizal 28 Tahun (ABK)
5. Dinal Kurniawan 22 Tahun (ABK)
6. Sarifudin 35 Tahun (Kapten)
7. Irfan 19 Tahun (ABK)
8. Yermias Ayer (Pemancing)


Link Terkait
PEJABAT